Cek Tekanan Darah

Lima Obat Herbal Darah Tinggi yang Wajib Anda Ketahui

Obat Herbal Darah Tinggi – Darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang semakin banyak menyerang belakangan ini. Tidak hanya menyerang para orang tua, tekanan darah tinggi juga banyak ditemui di kalangan anak muda. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengetahui beberapa Obat Herbal Darah Tinggi yang bisa Anda temui di rumah sebagai tindakan preventif jika Anda merasakan gejala-gejala darah tinggi.

 

Darah tinggi bisa berawal dari pola makan yang tidak sehat seperti terlalu banyak mengkonsumsi garam, kurangnya olah raga teratur dan merokok. Pada keadaan normal, biasanya tubuh yang sehat memiliki tekanan 120/80mmHG. Namun jika angka sistolik dan diastolik Anda mencapai, 140/90 mmHG, maka Anda harus segera waspada.

 

Maka dari itu, rutinlah cek kesehatan Anda ke klinik terdekat. Jika memang memiliki darah tinggi, Anda bisa mencoba pengobatan herbal berikut.

 

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :
 

 

Obat Herbal Darah Tinggi Dari Bahan Alami

  1. Obat Herbal Darah Tinggi – Bawang Putih

Bumbu dapur ini adalah salah satu Obat Herbal Darah Tinggi yang tergolong ampuh. Bawang putih memiliki kandungan atau senyawa yang mampu meningkatkan zat nitrit oksida di dalam tubuh. Dengan zat nitrit oksida yang melimpah, pembuluh darah akan lebih rileks dan melebar sehingga tekanan darah terhadap dinding arteri akan berkurang. Hal ini berdampak positif pada kelancaran sirkulasi darah dalam tubuh. Mengkonsumsi bawang putih mentah agaknya kurang diminati, maka dari itu banyak orang memilih menambahkan porsi penggunaan bawang putih lebih banyak ke dalam masakan mereka.

Obat Herbal Darah Tinggi
Bawang Putih

 

 

  1. Jahe

Penelitian menunjukkan bahwa jahe mampu membuat otot-otot pembuluh darah lebih kendur sehingga mempermudah jalannya aliran darah. Mengkonsumsi jahe juga menumbuhkan rasa rileks dan memberikan kenyamanan. Efek menghangatkan pada tubuh membuat jahe sangat diminati berbagai kalangan. Ada baiknya Anda selalu sedia Obat Herbal Darah Tinggi ini di dapur Anda.

Jahe
Jahe

 

 

  1. Kayu Manis

Kayu manis adalah salah satu bahan pangan yang memiliki antioksidan tinggi. Memang belum ada penelitian spesifik mengenai pengaruh kayu manis terhadap turunnya tekanan darah. Namun sudah banyak studi kasus yang menunjukkan bahwa kayu manis diketahui bisa menurunkan tekanan darah hingga 5,39 mmHG. Hal ini dikarenakan, kayu manis mampu meredakan rasa sakit kepala dan pusing pada penderita tekanan darah tinggi. Jadi tak ada salahnya mencoba bukan?

Kayu Manis
Kayu Manis

 

 

  1. Mentimun

Mentimun memiliki kemampuan menghambat protein angiotensin I berubah menjadi angiotensin II yang pada dasarnya menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Selain itu, mentimun juga mengandung tinggi kalium yang dapat menurunkan tekanan darah dari jantung. Sayuran segar ini menjadi makanan wajib yang biasanya dikonsumsi.

Mentimun
Mentimun

 

 

  1. Mengkudu

Mengkudu mengandung senyawa yang bernama scopletin yang memiliki kemampuan membersihkan endapan-endapan yang tertinggal dalam pembuluh darah yang bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Anda dapat  membuat jus dengan cara mencampurnya dengan bahan lain seperti timun atau ekstrak kayu manis.

Obat Herbal Darah Tinggi
Mengkudu

 

 

Jadi, selalu jaga pola makan dan hidup Anda dengan baik. Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi Obat Herbal Darah Tinggi meskipun Anda belum sepenuhnya divonis sakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

 

 

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top