penurun demam
Obat Herbal penurun demam

Obat Herbal Penurun Panas Yang Perlu Diketahui !

Posted on

Demam merupakan kondisi suhu tubuh yang terlampau panas. Kebanyakan dari Anda merasa panik jika kondisi tersebut menyerang. Padahal demam itu sendiri mempunyai tingkatan. Nah, apabila masih tergolong demam ringan  lebih baik mempercayakan mengonsumsi obat herbal penurun panas.

 

Perlu diketahui bahwa sebenarnya demam itu sendiri ialah proses pertahanan tubuh menghadapi bakteri yang sedang menyerang. Maka dari itu, langsung mengonsumsi obat dengan efek keras justru bisa memperparah keadaan.

 

Lagi pula selagi masih ada obat alami yang gampang dibuat kenapa tidak dicoba. Apalagi di dalamnya tidak ada efek samping. Hanya saja beberapa dari obat alami tidak bisa dikonsumsi oleh orang tertentu misalnya wanita hamil maupun alergi terhadap sesuatu.

 Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

Inilah Beberapa Obat Herbal Penurun Panas Alami yang Bisa Anda Coba

Mengonsumsi obat herbal penurun panas banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh. Sebut saja mengenai bahan yang mudah ditemui serta pengolahannya sangat mudah. Simak ulasan di bawah ini disertai penjelasan cara buatnya.

 

  1. Obat Herbal Penurun Panas – Kunyit

Selain bisa dibuat minuman jamu yang menyegarkan. Kunyit juga dapat Anda manfaatkan sebagai obat demam yang sangat efektif. Zat kurkumin di dalamnya mengandung anti bakteri yang bagus. Anda bisa membuat ramuan hasil parutan tumbuhan tersebut lalu diminum airnya.

Obat Herbal Untuk Kista
Kunyit
  1. Jahe

Selama ini mungkin Anda hanya tahu bahwa jahe baik untuk mengatasi flu dan batuk. Padahal minuman rebusan jahe yang telah digeprek juga sangat efektif menjadi obat penurun panas. Setidaknya minumlah ramuan tersebut tiga kali sehari agar lebih efektif.

Obat Sakit Gigi
Jahe Hangat
  1. Sambiloto – Obat Herbal Penurun Panas

Seperti biasa pemanfaatannya tak jauh berbeda dari di atas yakni meminum hasil rebusan sambiloto. Anda bisa menambahkan sedikit madu maupun jeruk nipis agar rasanya lebih baik. Sebab sambiloto dikenal sebagai rajanya pahit.

Sambiloto Penurun Panas
Sambiloto | Foto : Wikimedia
  1. Bawang Merah

Obat herbal ini pasti sudah tidak asing lagi. Telah banyak masyarakat mempercayakannya dengan cara memijatkan bawang merah tersebut langsung ke bagian kulit. Tetapi ada pengaruh yang sedikit mengganggu yakni mengenai baunya yang menyengat.

Bawang merah obat sakit gigi
Bawang Merah
  1. Kismis

Tips ini juga tak kalah populer. Sifat anti biotik dalam kismis dipercaya ampuh menjadi penurun demam yang sangat baik. Selain itu, ramuan tumbuhan ini juga mampu menangani permasalahan lain seperti batuk dan sakit tenggorokan.

obat penurun demam
Kismis
  1. Madu

Cara kali ini bisa dibilang yang paling nikmat dan tidak menyusahkan. Rasa madu sangatlah manis sehingga meminumnya bukanlah menjadi masalah malah bikin nagih. Madu begitu bermanfaat mengingat adanya kandungan serbuk sari yang menyehatkan dari demam.

madu murni untuk sakit tenggorokan
Madu Murni
  1. Kentang

Pemanfaatan kentang dalam mengatasi demam sangat unik. Anda bisa memotong beberapa bagian kemudian menaruhnya di dalam kaus kaki. Cara ini dipercaya berkhasiat mengatasi panas berlebihan yang mengganggu.

obat herbal demam
Kentang

Cara bisa menjadi efektif namun jika tidak maka sebaiknya periksa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Selain itu, konsumsilah air putih yang banyak agar tubuh selalu sehat.

Leave a Reply