Obat Herbal Sakit Tenggorokan yang Alami & Telah Lama Dikenal

Home » Obat Herbal Sakit Tenggorokan yang Alami & Telah Lama Dikenal

Rasa sakit di daerah tenggorokan terasa sangat tidak nyaman. Akan tetapi gangguan ini cukup sering dijumpai orang-orang. Berbagai cara dilakukan seperti memeriksakan diri ke spesialis THT (telinga, hidung, dan tenggorokan) maupun mencoba obat herbal sakit tenggorokan.

Meskipun banyak orang sudah menyadari pentingnya penanganan medis profesional, beberapa pihak masih keberatan untuk pergi ke dokter karena kendala biaya maupun keterbatasan prasarana. Terlebih lagi, gangguan tenggorokan ringan dapat ditangani sendiri dengan bahan-bahan sederhana.

Sebelum ilmu kedokteran modern dikenal, nenek moyang kita menggunakan bahan-bahan herbal tradisional. Bahan-bahan tersebut mampu mengatasi sakit di sekitar area tenggorokan dengan gejala seperti serak, bersin, maupun rasa gatal di tenggorokan.

6 Obat Herbal Sakit Tenggorokan yang Efektif

Beberapa obat herbal sakit tenggorokan yang efektif akan dijelaskan di sini. Cara penyajian beserta takaran perlu diperhatikan dengan saksama.

  1. Air Garam – Obat Herbal Sakit Tenggorokan

Garam memiliki kandungan antiseptik yang membantu membasmi bakteri. Penggunaan air garam yang disarankan adalah sebagai obat kumur. Cara membuatnya adalah dengan melarutkan satu sendok teh garam meja ke dalam secangkir air matang hangat. Gunakanlah untuk berkumur beberapa kali sehari.

obat herbal sakit tenggorokan
air garam sebagai obat herbal
  1. Madu Murni

Madu juga merupakan zat alami yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan. Anda harus memilih madu murni tanpa campuran apapun untuk memperoleh hasil optimal. Madu bisa dilarutkan ke teh herbal atau dikonsumsi langsung. Lakukan hal ini tiga kali sehari.

madu murni untuk sakit tenggorokan
madu murni untuk sakit tenggorokan
  1. Air Kunyit

Kunyit memiliki kandungan antioksidan yang besar sehingga baik untuk mengobati berbagai penyakit di tubuh. Air kunyit sebaiknya digunakan untuk berkumur apabila ini mengurangi sakit tenggorokan beberapa kali sehari. Larutkan setengah sendok teh garam dan bubuk kunyit ke dalam air hangat.

air kunyit
air kunyit
  1. Garam dan Cuka Apel

Garam dan cuka apel juga merupakan salah satu obat herbal sakit tenggorokan untuk berkumur. Untuk membuatnya, Anda perlu melarutkan dua sendok teh garam dengan sesendok makan cuka apel ke dalam air hangat. Gunakan campuran tersebut untuk berkumur beberapa kali sehari.

cuka apel untuk sakit tenggorokan
cuka apel untuk sakit tenggorokan
  1. Madu dan Kayu Manis

Kombinasi kedua bahan ini terasa enak dan juga berkhasiat meredakan sakit di tenggorokan. Cara menyajikannya adalah dengan melarutkan dua sendok teh madu dan sesendok teh kayu manis ke dalam air panas, lalu diamkan hingga hangat sebelum diminum. Konsumsilah dua kali sehari.

madu dan kayu manis
madu dan kayu manis | source : daherba.com
  1. Lemon Peras dan Madu – obat herbal sakit tenggorokan

Lemon kayak akan vitamin C yang dapat meregenerasi sel rusak dan bersifat anti-inflamasi. Untuk mengatasi sakit tenggorokkan, konsumsilah perasan lemon yang telah dicampurkan ke air hangat. Anda dapat menambahkan sedikit madu untuk meningkatkan rasanya.

Beragam obat untuk sakit tenggorokan yang telah dibahas sudah lama sekali digunakan oleh orang-orang. Kandungannya pun sudah terbukti mampu mengatasi rasa sakit di area tenggorokan. Gunakanlah bahan-bahan tersebut sesuai porsinya.

lemon peras dan madu
lemon peras dan madu
Visited 1 times, 1 visit(s) today

Leave a Comment