Obat Gatal Herbal Ampuh Yang Kamu Harus Tahu !

Home » Obat Gatal Herbal Ampuh Yang Kamu Harus Tahu !

 Rasa gatal selain menimbulkan ketidaknyamanan juga terkadang mengakibatkan kejengkelan. Penyebabnya bisa bermacam-macam mulai dari alergi, gigitan serangga, sampai kondisi kulit tertentu seperti eksim. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah menggunakan obat gatal herbal ampuh.

Meskipun terlihat sepele namun dapat mengindikasikan masalah kesehatan yang lebih serius. Misalnya saja adanya kemungkinan gangguan pada fungsi hati yang membuat kadar bilirubin darah menyebar sampai ke kulit sehingga menyebabkan rasa gatal.

Singkatnya gatal bisa disebabkan oleh beragam kemungkinan baik faktor luar tubuh maupun dalam tubuh. Intinya ketika rasa gatal mulai dirasakan maka sebaiknya segera ditangani.

 Baca Juga Artikel Menarik berikut ini

7 Obat Gatal Herbal Ampuh dan Cara Menggunakannya

Cukup banyak bahan yang bisa dipakai untuk dijadikan obat herbal. Berikut ini beberapa bahan yang bisa dipakai sebagai obat gatal serta cara menggunakannya.

 

  1. Obat Gatal Herbal – Lidah Buaya

Seperti yang sudah diketahui, lidah buaya memiliki banyak manfaat pengobatan termasuk untuk meredakan rasa gatal dan iritasi pada kulit. Cara penggunaannya adalah memotong lidah buaya dan  mengoleskan gelnya secara langsung ke bagian kulit yang gatal atau iritasi.

 

  1. Minyak Kelapa

Ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk memakai minyak kelapa sebagai obat gatal. Pertama dengan mengoleskannya langsung ke kulit beberapa kali sehari. Kedua, mengkonsumsi minyak kelapa sebanyak 2 atau 4 sendok makan perhari dengan mencampurnya pada makanan atau minuman.

 

  1. Daun Salam

Daun salam juga cukup efektif digunakan sebagai pereda rasa gatal pada kulit. Cara memakainya adalah dengan melumatkan beberapa daun salam yang telah dicuci, kemudian menempelkannya pada bagian kulit yang gatal.

 

  1. Obat Gatal Herbal – Daun Mint

Daun mint harus dimasukkan ke dalam segelas air mendidih. Tunggu hingga dingin secara alami kemudian ambil kain bersih, celupkan, dan oleskan ke bagian kulit yang gatal.

 

  1. Oatmeal

Cara memakai oatmeal untuk dijadikan obat adalah mencampurnya dengan air dan mengoleskannya ke kulit. Langkah-langkahnya, campurkan oatmeal sebanyak 2 cangkir ke dalam air mandi hangat dan rendamkan badan ke air tersebut.

 

  1. Kunyit

Memakai kunyit sebagai obat gatal sebaiknya dicampur dengan susu secukupnya. Dari campuran tersebut, oleskan ke bagian kulit yang terkena gatal 2 kali sehari sampai bekas merahnya hilang.

 

  1.  Daun Kemangi

Daun kemangi mengandung kapur barus dan thymol yang merupakan zat anti gatal. Untuk membuat daun kemangi menjadi obat gatal, Anda harus menghaluskannya terlebih dahulu. Selanjutnya oleskan langsung pada kulit.

 

Itu tadi 7 bahan yang bisa dipakai sebagai obat. Bahan-bahan diatas cukup mudah ditemukan baik di alam sekitar maupun di pasar. Selain itu obat herbal memiliki resiko efek samping yang relatif kecil.

Visited 5 times, 1 visit(s) today

Leave a Comment