Obat Batu Ginjal

Obat Herbal Batu Ginjal, Yang Mudah Di Cari !

Batu ginjal yang dikenal juga dengan sebutan kencing batu ini merupakan endapan yang keras dan terbentuk dari zat dalam air kencing. Untuk mengobatinya, terdapat berbagai macam obat herbal untuk batu ginjal.

 

Penyakit yang satu ini terbilang cukup umum terjadi pada orang yang berusia 40 tahun ke atas. Meski umum terjadi, penyakit ini bisa dicegah dengan cara memperhatikan faktor apa sajakah yang menyebabkan penyakit ini dan kemudian menaruh perhatian lebih pada faktor tersebut.

 

Beberapa orang tidak mengalami gejala yang berarti atau mungkin tidak menyadari bahwa ia sedang terkena batu ginjal. Untuk itu gejala yang umum terjadi yakni adanya mual dan muntah-muntah, ditemukannya darah dalam urin, serta sakit pada selangkangan, paha, pinggang, dan kemaluan.

Baca juga Artikel Lainnya

9 Obat Herbal untuk Batu Ginjal yang Bisa Didapat dengan Mudah

Sudah dijelaskan secara singkat apa itu kencing batu atau batu ginjal. Supaya Anda tahu apa saja yang bisa dikonsumsi sebagai obat alami batu ginjal, mari simak ulasannya berikut.

 

  1. Obat Herbal Batu Ginjal – Jus buah delima

Buah delima terkenal akan kandungan antioksidannya yang kaya. Kandungan tersebut sangat baik untuk mencegah batu ginjal berkembang. Selain itu, mengonsumsi delima bisa menjaga ginjal Anda agar tetap sehat. Terkait dengan batu ginjal, buah delima bisa mengurangi nyeri yang dirasakan dan juga mengurangi tingkat keasaman pada urin sehingga resiko pembentukan dari batu ginjal dapat berkurang.

 

  1. Jus seledri

Obat herbal untuk batu ginjal yang kedua yakni jus seledri. Yang satu ini diyakini bisa menghilangkan racun yang terlibat pada pembentukan batu ginjal. Jika Anda mengonsumsi jus seledri, ginjal seolah-olah dibasuh sehingga penyakit ini bisa dihalau.

 

  1. Cuka sari apel

Untuk cuka sari apel, ia dapat bekerja dalam hal melarutkan batu dalam ginjal dan juga mengurangi rasa nyeri yang sering dirasakan oleh para penderita.

 

  1. Rumput gandum

Mengonsumsi rumput gandum bisa memicu keinginan untuk kencing karena sifatnya yang diuretik. Karenanya, kencing batu bisa lebih lancar. Selain hal tersebut, nutrisi yang ada pada rumput gandum bisa membersihkan ginjal.

 

  1. Obat Herbal Batu Ginjal – Perasan lemon

Pembentukan batu ginjal dari jenis kalsium bisa dicegah dengan perasan lemon yang mengandung sitrat. Manfaat sitrat yang lain yakni dapat memecah batu tersebut dan membantunya keluar bersama dengan urin.

 

  1. Tanjung (mimusops elengi)

Tanaman yang satu ini diyakini bisa membantu mengurangi resiko kencing batu. Resiko terbentuknya batu dalam ginjal bisa dikurangi dengan signifikan. Hal yang dilakukan yakni dengan menurunkan kadar asam urat, ureum, dan kreatinin dalam darah.

 

  1. Obat Herbal Batu Ginjal – Ajowan atau ajwain (trachspermum ammi)

Obat herbal untuk batu ginjal yang selanjutnya adalah ajowan atau ajwain. Meski manfaatnya untuk kencing batu masih perlu diuji dalam jangka panjang, yang satu ini dipercaya dapat meredakan nyeri.

 

  1. Meniran hijau

Tanaman ini dipercaya bisa membantu menghambat proses pembentukan dari batu ginjal. Senyawa dalam meniran hijau adalah kandungan utama yang dapat melakukan penghambatan tersebut.

 

  1. Kumis kucing

Tanaman ini diketahui memiliki kandungan antiradang,  antibakteri, dan juga antioksidan. Selain itu, kumis kucing dipercaya dapat memberikan rangsangan pada ginjal agar mengeluarkan urine. Karenanya, tidak akan ada endapan yang bisa menjadi batu ginjal.

 

Batu ginjal bisa terbentuk dari berbagai macam zat. Maka dari itu, ada baiknya memperhatikan apa yang Anda makan. Jika sudah terkena kencing batu, 9 macam obat di atas bisa coba diterapkan sebagai konsumsi sehari-hari di rumah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top